Skip to main content

Likes & Comment on Social Media




Pernahkah kamu berlomba-lomba untuk mendapatkan likes & comment di berbagai platform media sosial?
Pernahkah kamu merasa senang & bangga postinganmu banyak likes & comment?
Mendapat likes membangkitkan hormon dopamin & menyebabkan ketergantungan. Dopamin adalah hormon yang bertanggung jawab terhadap rasa gembira, jatuh cinta & percaya diri.
Mendapatkan pengikut/likes di medsos bisa membuat orang merasa populer & menarik 
Ada efek “meniru” orang lain ikut memberi likes karena menganggap orang yang di likes adalah populer
Orang akan lebih mudah memberikan likes ketika melihat foto yang sudah memiliki banyak likes dibanding yang lebih sedikit. Melihat foto dengan jumlah likes berkaitan dengan daerah saraf yang terlibat dalam pemrosesan penghargaan, kognisi sosial, imitasi dan perhatian (nucleus accumbens)
Source: journal of biomedical science
Eksistensi kecanggihan gawai saat ini memicu kelompok manusia menyumbang peran besar di dalamnya. Apalagi para remaja merupakan pengguna situs jejaring sosial paling tinggi yang masih mencari identitas & tujuan hidup. Maka hal tersebut selaras dengan kondisi saat ini dimana para remaja berlomba mencari banyak likes untuk meningkatkan rasa bangga & penghargaan pada dirinya.
Jangan sampai media sosial kehilangan fungsi sebenarnya hanya untuk mencari kesenangan yang semu. Hindarilah kamu memberikan likes & komentar hanya sebatas asas timbal balik karena orang lain melakukan hal yang sama terhadapmu. Tanamkan rasa tulus & lebih menghargai orang lain.
Dengan menggunakan fitur likes & comment yang lebih tepat sasaran akan membuatmu & membantu orang lain untuk bisa menjadi manusia yang lebih bermanfaat.
Tidak memberikan likes/comment pada unggahan yang dirasa tidak bermanfaat & mengandung hal-hal negatif juga merupakan salah satu bentuk peranmu menyadarkan publik akan bentuk eksistensi yang salah.
Berikanlah likes sebagai tanda apresiasimu terhadap hasil kerja keras orang lain karena membuat sebuah konten yang bermanfaat & menginspirasi.
Cantumkan komentarmu untuk memberikan saran & kritik yang bersifat membangun.

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Karya Sketsa Pensil

Karya-karya lama sketsa pensil